Thanks to Allah SWT

Posted: October 6, 2011 in Uncategorized

subhanallahi walhamdulillah wala ilahailallahu allahuakbar lahaula walaquwata ila bilahil aliyil adzim..

itulah ayat yang selalu aku baca dikala aku merasa sendiri dan ketakutan dengan segala pikiran2 negatifku..

ya,bisa dibilang aku adalah orang yang selalu berpikir negatif,,dan pikiran negatif itu pun terus bersambung2 terus..seperti bagaimana jika aku gini, dan kalau begini nanti jadinya begitu, dan kalau begitu jadinya begono…ya Allah,,pikiran inilah yang terkadang membuat tidur ku tidak tenang bahkan susah tidur..:(..

tapi sekarang semuanya perlahan2 berubah..

suatu kejadian yang mgkn biasa menurut orang tapi luar biasa buat aku..

bermula dari kebimbangan akan pergi atau tidaknya ke Polandia untuk menghadiri launching meeting dan conference di Polandia..

kejadian pertama yang aku alami adalah aku tidak bisa pergi ke Polandia karena residence permit aku di portugal belum bisa diambil karena kartu itu tidak diketahui ada dimana lokasinya,,karena dikirim kesana kemari oleh pos portugal..(inilah yang mengurangi rasa kepercayaanku terhadap pos) dan lebih suka untuk mengambil kartu secara langsung ditempat yang mengeluarkan kartu..akan tetapi berkat tangan Allah lah aku bisa menemukan kartu tersebut..setelah bolos kuliah dan muter2 dari kantor satu ke kantor lainnya..akhirnya aku menemukan kartu itu di university residence kampus dan alhamdulillah kartu itu belum dikirimkan lagi ke pos..karena apabila dikirimkan lagi lewat pos maka bisa dipastikan kartu itu akan menghilang dan entah sampai kapan kartu itu bisa jatuh ke tanganku..

kejadian kedua, aku tidak punya cukup uang untuk membeli tiket ke polandia..astaghfirullah cobaan lagi,,karena beasiswa yang belum keluar dan keluarnya masih lama,,dan lagi2 Tuhan lah yang berperan dalam mengatur adegan ini,,tiba2 saja mama ku menawarkan untuk membeli tiket pesawatnya pake kartu kredit mama,,tapi pada saat itu tiket pesawat ke Poland sudah sangat mahal karena memang aku membeli tiketnya mepet dengan keberangkatan yaitu sekitar 350 euros, padahal kalo aku bisa beli sebulan yang lalu mungkin harganya cuma 60 euroan..tapi mungkin itulah cobaannya..dan sungguh rasanya aku berat pake kartu kredit mama, karena aku tau sudah banyak sekali uang yang dikeluarkan orang tua ku untuk aku sampai ke portugal dan bertahan hidup selama sebulan di Portugal..tapi mamaku bilang,,” sudah beli saja tiketnya pake kartu kredit mama, tapi jangan lupa diganti ya uangnya..dan kamukan dari dulu emang pengen pergi ke poland..” rasanya sedih banget denger kata2 itu..karena aku tau, sudah banyak utang mamaku dibank itu..:((

setelah meminta bantuan temen untuk membelikan tiket via online dengan pake kartu kredit mama, terbelilah tiket tersebut…akan tetapi ceritanya tidak berhenti sampai disitu..ceritanya adalah aku harus melakukan perjalanan ke polandia sendirian tanpa teman..karena teman2 ku udah booking tiket sebelumnya dan mereka udah booking tiket murah sebulan sebelumnya…

begitulah cerita ke poland ku dimulai..

perjalanan ku ke poland tidak menggunakan direct flight karena harganya sangat mahal apabla menggunakan direct flight tapi aku menggunakan combined flight yaitu dari Lisbon-Madrid- Poland begitu pula sebaliknya..dan untuk mencapai lisbon dari faro aku menggunakan bis..

sehari sebelum keberangkatan ke lisbon, aku mengepacking barang2,,aku sangat takut dengan ukuran tas yang aku bawa,,karena tebal tasku itu lebih dari 20 cm padahal aturang wizz air ukuran tebal tidak boleh lebih dari 20 cm..dan semalaman itu aku berpikir bagaimana caranya untuk mengecilkan tebal tas aku itu dengan cara mengurangi barang2 bawaan yang aku bawa..dan alhasil aku nyerah karena emang gak bisa dikecilin lagi..dan aku kebingungan..dan saat itulah aku memutuskan untuk sholat malam berharap dan bertanya apa yang harus aku lakukan dengan tas ini..terang saja aku tidak ingin didenda hanya karena tasku ini..dendanya itu bisa mencapai 40 euro..dan jujur saja aku tidak punya cukup uang untuk itu..karena memang beasiswa ku belum keluar dan susah bagiku apabila harus membayar uang itu..tapi pada saat itu akhirnya aku memtuskan untuk tetap membawa tas itu apapun yang terjadi..:(..

dan akhirnya keesokan harinya tepat jam 6 pagi, aku ke terminal bis dan naik bis untuk menuju lisbon..selama diperjalanan aku kebanyakan tidur karena memang semalamnya kurang tidur..dan jujur saja itu pertama kalinya aku naik bis ke lisbon jadi aku tidak tau pemberhentian terakhir dimana..pas sampe lisbon..aku bingung aku harus naik apa ke airport..akhirnya aku bertanya kebagian  informasi dan memberitahukan ada bis yang ke airport dari sini namanya aerobus no. 96..Segera saja aku mencari bus stopnya,,dan aku bingung dimanakah bus stopnya berada aku sampe nyasar2 dulu..dan ternyata bus stopnya itu tepat didepan terminal..tahu gitu aku gak pake muter2 deh..hehe..setelah lama menunggu ada satu bus datang ,,tapi ternyata bus itu tidak ke airport,dan aku mulai bimbang sebenernya ada gak sih bis ke airport dan pada saat ini lagilah tangan Tuhan bermain,,aku dikirimkan seseorang yang membantuku hingga tiba diairport dan mengajarkan aku bagaimana masuk ke waiting room di lisbon airport..orang itu adalah pacarnya temenku enrique yaitu fede..dialah yang membantuku dan mengantarkan ku hingga tiba di pintu waiting room..thanks a lot for Fede..:)..

akan tetapi pada saat tiba di waitingi room lagi2 aku panik karena aku melihat ada kerangka besi untuk mengukur ukuran tas yang kita bawa apakah dimensinya cocok atau melebihi batasan..aku selalu berzikir agar aku tidak disruh membayar 40 euro untuk tasku itu..karena jujur aku tidak punya budget untuk didenda tersebut..:(..setelah lama menunggu,dan akhirnya tiba wktu boarding,,zikirku makin kencang,,dan pada saat giliranku,,alhamdulillah tasku tidak diperiksa dan aku lolos begitu saja tanpa ditimbang dan tanpa di ukur ukuran dimensi tasnya..subhanallah sekali..:D..

akhirnya 1 jam kemudian tibalah aku dibandara barajas airport, madrid..hal yang serupa terjadi aku disuruh menunggu 4 jam dibandara ini dan aku terus berzikir agak tas aku lolos dari pemeriksaan..dan akhirnya lolos..alhamdulillah..:D

sampai di warsaw,,kejadian inilah yang membuat aku percaya bahwa Allah SWT itu benar2 ada dan dia tidak pernah meninggalkan umatnya..ketika tiba diwarsaw,,jam sudah menunjukkan pukul 23 lewat 10 menit..aku tidak berpikir untuk menukarkan mata uang euro ke zloty di madrid karena aku pikir itu adalah bandara warsaw pasti banyak toko buka 24 jam seperti dibandara Indonesia jakarta cengkareng..dan alhasil ketika aku sampai dbandara dan melihat bahwa ada money changer aku segera lekas ke loket money changer tersebut..pas aku tanya ” I want to change my money to zloty”..dan si petugas yang bekerja bilang “sorry, we are closed”..what??? terus bagaimana kalo ini tutup?? bagaimana aku bisa ke lodz?? aku tidak punya duit untuk naik bis dan aku tidak punya duit untuk makan hingga jam 8 besok pagi karena money changer bukanya jam 8..astaghfirullah,,cobaan apalagi ini..aku bener2 ketakutan kali ini karena jujur saja itu sudah malam dan aku tidak punya uang zloty,,bagaimana bisa aku bertahan di poland??pikiran aku waktu itu adalah aku harus menemukan orang yang baik hati untuk menukarkan uangnya ke euro atau tidur di bandara,,tapi pikiran tidur dibandara adalah pikiran yang tidak sangat ingin dipilih,,karena aku pengen istirahat dan tidur di kasur..karena aku sudah dipesenkan kamar di lodz hotel selama 3 hari..dan aku tdiak mau menyia2kan kesempatan itu..akhirnya aku keluar dari dalam bandara ke bagian agak luar bandara,,aku pasrah sama Allah,, aku bilang sambil bersbisik “ya Allah bagaimana ini?? berikan aku solusi ya Allah,,aku yakin kau akan memberikan jalan keluar untuk ini..dan benarlah ada nya di bagian luar bandara disamping informasi center ada money changer..aku segera saja ke loket money changer dulu sebelum ke bagian informasi..dan aku bertanya ” is it closed?”,,dan petugasnya menjawab,,”no, we are open”…GOD thank you..akhirnya aku bsia tuker duit ke zloty dari euro..akhirnya aku tuker sebesar 50 euro ke zloty..setelah itu aku mau bertanya ttg bis ke lodz di bagian informasi,,pas aku ke bagian informasi ternyata bagian informasinya udah tutup…astaghfirullah,,bodohnya aku kenapa gak ke bagian info dulu baru ke money changer..huff..akhrnya aku berdoa lagi,,dan aku berpikir untuk bertanya dengan orang2 yang ada disana,,mungkin mereka tau ttg bis yang bisa aku naiki untuk sampe ke LODZ..alhasil aku bertemu dengan ibu2..aku bertanya “can you speak english” dan dia tidak mnjawab dan dia cuma acuh saja..pada saat itu aku bener2 stress,,karena kepada siapa aku bisa minta tolong karena itu sudah malam dan sedikit sekali orang yang bisa ditanya..akhirnya aku memutuskan untuk pergi mencari bis sendri diluar..pas aku mau ke luar dari bandara dan bener2 keluar,,tiba2 ibu itu memanggil,,aku bingung..aku menoleh dan ibu2 itu bilang minta maaf karena tadi dia lagi sedang fokus membaca jadi dia tidak menggubris aku,,terus aku bertanya ttg bis yang bisa ke lodz dan ibu2 itu ternyata tidak tau dan dia menyuruh aku untuk bertanya ke orang lain di lantai atas..wah itu sama aja gak memberikan solusi…tapi karena aku gak enak dia udah ngasih tau aku demikian akhirnya aku naik ke lantai atas untuk mencari bantuan dan informasi..disinilah tangan Allah bekerja lagi..aku bener2 depresi karena dilantai atas pun aku tak bisa menemukan apapun,,akhirnya aku kembali ke lantai bawah..DAAANNNNNN ada orang dibagian informasi,,,alhamdulillah,,aku segera ke bagian informasi dan menanyakan bis ke lodz..dan dia hanya menjawab mgkn ada bis malam2 gini kesana,,coba aja cek di terminal bisnya..terminal bisnya gak jauh kok cuma keluar belok kanan terus aja..yah..itu mah gak membantu sama sekali..

akhirnya aku memutuskan untuk keluar dan berjalan sendrii untuk mencari terminal tersebut..entah rasanya perasaan ku bercampur baur karena jujur saja aku tidak tau aku ada dimana dan aku sendrian plus itu sudah malam dan dingin 11 derajat..

setelah berjalan terus aku melihat ada terminal bis dan mudah2an aja itu emang tempat pemberhentian bisnya..sampai disana jujur saja aku tidak tahu dimana aku berada,,apakah ada bis atau tidak, tidak ada bagian informasi dan sebagainya,,tapi yang pasti ada beberapa orang yang juga sedang menunggu bis dan aku tak tahu apakah mereka menunggu bis yang sama dengan bis yang aku tunggu..aku pergi mendekat ke salah satu orang yang sedang menunggu bis dan aku bertanya “apakah disini ada bis yang mau menuju lodz?” dan dia pun menjawab,,”hmm,,aku juga gak tau,krena aku cuma mau liburan disini dan aku dari USA”..hmm,,sepertinya aku salah tanya..aku pasrah dan aku hanya duduk sambil menunggu apabila ada bis yang datang..setelah lama menunggu,,tiba2 saja ada bis datang,,dan aku berharap bis inilah yang akan membawaku ke lodz..tapi pada saat aku ingin bertanya, pak supir bis itu tidak mau menjawab dan langsung menutup pintu bis..aku bener2 kebingungan karena itu sudah malam,,dan aku hanya bisa duduk lemas dikursi sambil menunggu bis berikutnya datang…akhirnya inilah jawaban dari TUHAN..seorang lelaki berparas lumayan datang dan duduk dideketku,,dan aku pun mulai bertanya..”apakah anda tau ada bis yang ke lodz dari sini?” dan dia pun menjawab “ya saya tau,,saya juga mau ke lodz,nanti kita brangkat bareng saja..bisnya akan datang sekitar 10 menit lagi..”. sungguh baik orang tersebut,,sampai2 aku lupa menanyakan namanya..yang aku tau dengan pasti adalah lodz merupakan tempat kelahiran dan tinggalnya,,tapi dia bekerja di Italia..dan bahasa inggrisnya sangat bagus..:D..terima kasih tuhan kau mempertemukan aku dengan orang ini sehingga aku tidak tersesat hingga lodz..sesampainya dilodz aku juga tidak tau bagaimana berbicara dalam bahasa polish ke supir taxi untuk mengantarkan aku lodz hotel,,dan dialah yang membantuku untuk berbicara dengan supir taxi tersbeut..

dan begitulah perjalanan ku berakhir hingga tiba di lodz hotel..sungguh kuasa Tuhan amat luar biasa..

disaat kamu merasa takut, bingung, panik, disanalah Tuhan hadir dan memberikan bantuan kepadamu…Dia tidak pernah tidur,,dia selalu menjagamu dikala kamu membutuhkannya..dia memberikan bantuan tidak secara langsung,,tapi terkadang dia memberikan bantuan melalui tangan2 orang lain..dan aku bener2 berterima kasih kepada-Nya..terkadang aku sama sekali tidak sadar bahwa dialah yang membantuku,,tapi percayalah Dia ada dan Dia selalu ada didekatmu,,

bersyukur dan berterimakasihlah kita kepadanya,,He always by your side..:D trust me..

melalui blog ini,,aku tidak bermaksud untuk menyombongkan diri,,tapi melalui blog ini,,aku hanya ingin kalian semua dan aku tau bahwa He always by our side..dont be affraid, dont be depressed,, trust him,,He will give you a nice solution in the end..:D

Terima kasih ya Allah SWT,,kau menjagaku dan menyelamatkan ku dari segala hal yang aku takuti..

dan terima kasih kepada orang tuaku yang selalu mengingatkan aku untuk selalu sholat, membaca qur’an, dan berzikir..I do really love you all..:)

mukena, tasbih, tuntunan sholat, dan tafsir alquran🙂

Comments
  1. ulul azmi says:

    very long story… R u really alone?????

Leave a Reply

